Selasa, 10 Mei 2011

Manfaat Jagung

Jagung merupakan salah makan pokok bangsa indonesia disamping makanan pokok yang lain (sagu, padi/beras). Namun terkadang kita kurang memahami betapa banyak manfaat yang ada dalam jagung ini. bahkan penderita diabetespun dianjurkan untuk makan nasi jagung, berikut ini beberapa manfaat dari buah jagung.

Siapa yang tak kenal tanaman sibuah kuning keemasan, JAGUNG termasuk salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yang kurang begitu diminati, selain gaplek dan sagu tentunya. Padahal secara kandungan gizi jagung memiliki komposisi zat-zat makanan yang lebih komplet daripada beras. Selain sebagai sumber utama karbohidrat, bahan pangan pokok penduduk asli Madura Jawa Timur ini juga mengandung zat gizi lain seperti: Energi (150,00kal), Protein (1,600g), Lemak (0,60g), Karbohidrat (11,40g), Kalsium (2,00mg), Fosfor (47,00mg), Serat (0,40g), Besi (0,30mg), Vit A (30,00 RE), Vit B1 (0.07mg), Vit B2 (0,04mg), Vit C (3,00mg), Niacin0,(60mg).

Dengan berbagai kandungan zat yang dimiliki jagung tersebut, tak mengherankan bila jagung juga dikenal sebagai bahan pangan yang cukup berkhasiat antara lain sebagai pembangun otot dan tulang, baik untuk otak dan sistem syaraf, mencegah konstipasi, menurunkan risiko kanker dan jantung, mencegah gigi berlubang, serta minyaknya dapat menurunkan kolesterol darah.
Selain itu juga nasi jagung dinilai memiliki manfaat lain yaitu:

KESEHATAN MATA. Senyawa lutein dan zeaxanthin merupakan bagian dari senyawa karotenoid yang membentuk pigmen kuning di retina dan menyerap sinar biru, sinar berbahaya dari matahari, penyebab katarak dan makula degeneratif.

MENURUNKAN BERAT BADAN. Serat kasar pada jagung memberi rasa kenyang yang lebih lama sehingga cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Serat kasar ini juga dapat mencegah sembelit yang kerap terjadi pada orang gemuk.

MELANCARKAN AIR SENI. Jagung kaya kalium yang bersifat diuretik (melancarkan air seni) sehingga dapat mengatasi iritasi saluran kemih, menurunkan kadar asam urat, dan mencegah batu ginjal.

KANKER. Dari penelitian yang dilakukan Louisiana State University, mereka yang rajin makan jagung terbukti jarang terkena kanker usus besar, payudara, dan prostat. Besar kemungkinan kandungan betakaroten dan serat yang tinggi. Jagung juga mengandung protease inhibitor (saat diteliti pada hewan ternyata dapat mencegah pembentukan sel kanker).

KESEHATAN GIGI. Penelitian yang dilakukan di 47 negara yang penduduknya rajin mengonsumsi pati jagung, gigi mereka ternyata jarang berlubang.

JANTUNG KORONER. Penelitian di Illionis State University menunjukkan, pria yang menjalani diet rendah lemak, dan makanannya ditambah 20 g jagung setiap hari selama 6 minggu, kadar trigliserida (salah satu jenis lemak penyebab penyakit jantung) turun hingga 13%.
Sementara penelitian di University of Southern California menunjukkan, mereka yang tinggi kadar lutein dalam darah dapat mencegah penambahan plak di arteri jantung. Serat larutnya berkhasiat menurunkan kolesterol. Kandungan asam folatnya menurunkan kadar homosistein (kadar homosistein yang tinggi dapat mengakibatkan serangan jantung).

DIABETES MELLITUS. Jagung yang memiliki indeks glikemik yang rendah tidak serta merta menaikkan kadar gula darah sehingga baik diasup oleh penderita diabetes mellitus.

LAIN-LAIN. Meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi.

PERLU DIPERHATIKAN. Untuk mendapatkan manfaat serat, makanlah jagung utuh (jangan yang sudah digiling(. Memakan jagung segar - bukan jagung kaleng yang sudah mengandung pengawet - akan memberikan zat gizi lebih.

KANDUNGAN GIZI DALAM 100 G JAGUNG
  • Energi                   129 kal
  • Protein                     4,1 g
  • Lemak                      1,3 g
  • Karbohidrat             30,3 g
  • Serat                       2,9 g
  • Kalsium                    5 g
  • Fosfor                   108 mg
  • Besi                         1,1 mg
  • Vitamin A              117 IU
  • Vitamin B1                0,18 mg
  • Vitamin C                 9 mg
  • Air                         63,5 g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar